Camat Arjasari Tinjau Warga Yang Terkena Bencana Angin Puting Beliung

0
8

Soreang, SMI.- Camat Arjasari beserta para kasi kecamatan, Satpol PP Arjasari, BPD dan Perangkat Desa mendatangi warga yang terkena bencana angin puting beliung yang terjadi pada jum’at (17/1) sekitar pukul 15.30 WIB. Angin puting beliung menyebabkan beberapa rumah warga rusak di Desa Pinggirsari dan Patrolsari.

Salah satu warga Desa pinggirsari, Jaja mengatakan awalnya hujan lebat disertai angin yang kencang mengakibatkan pohon tumbang dan menimpa rumah warga. Untungnya kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa.

Hal senada dikatakan ketua RW. 04 Kp. Ciwangi Desa Pinggirsari Supriatna, menurut keteranganya beberapa rumah warga tertimpa pohon yang tumbang.

Kedatangan Camat beserta jajaranya ke lokasi terdampak bencana angin puting beliung mendapatkan sambutan dari warga. Anggota BPD Desa Pinggirsari Wawan, mengucapkan terima kasih atas kedatangan Camat yang meninjau langsung warganya yang terkena musibah.

“Sekali lagi mengucapkan terimakasih atas nama warga masyarakat Desa pinggirsari, Camat Arjasari dan para kasi Kecamatan Langsung mendatangi warga masyarakat yang  rumahnya rusak akibat angin puting beliung. Dengan sangat sigap dan spontan langsung mendatangi dan melihat warga masyarakat yang rumahnya rusak akibat amukan angin puting beliung”ucapnya.

Setelah melihat langsung warga yang terkena bencana, Camat Arjasari Heru Kiatno S.Pd.M.Si. mengatakan bahwa pemerintahan kecamatan sendiri harus betul -betul secepat mungkin merespon apa yang terjadi dilapangan.

“Alhamdulillah pa kades melaporkan kejadian jam 15.30 wib pada hari jum’at, langsung kelokasi kejadian kebetulan situasi dan kondisi hujan masih deras, hujan reda sekitar jam 16.00 wib baru bisa meluncur ke lokasi. Di situ langsung mengaksesmen, kemudian mencoba mengevakuasi agar jangan sampai ada korban jiwa. alhamdulillah dilapangan tidak ada korban jiwa tetapi”.

Camat juga mengatakan, Dikarenakan belum seluruhnya mendata dan menerima laporan dari Desa karena pihak pemerintah kecamatan  melaporkan tidak satu persatu, tapi keseluruhan yang terjadi di dua Desa antara lain Desa pinggirsari dan Desa Patrolsari.

“Kita kelapangan langsung di dua Desa tersebut mendata  sedetail mungkin jangan sampai ada yang terlewat, mana kerusakan yang berat, sedang dan ringan. Yang rusak ringan hanya genting beberapa saja kita bisa segera tanggulangi oleh pemerintah Desa ataupun swadaya masyarakat dan yang paling penting menanggulangi rumah warga yang terdampak angin puting beliung yang rusak berat itu yang didahulukan jadi upaya-upaya dari pemerintahan kecamatan” Tambahnya.

Menurut Camat, pemerintahan  kecamatan dan  pemerintah Desa akan  berupaya melakukan hal-hal yang bisa kita tangani langsung tanggulangi. Dan hal yang lainnya menunggu laporan dari dua Desa, yang akan ditampung secara keseluruhan untuk disampaikan ketingkat Kab. Bandung .

“Apa yang diberikan dari kabupaten apa yang dibutuhkan warga yang terkena angin puting beliung itupun misalnya tersedia di kab Bandung. Hal-hal yang tidak tersedia untuk yang rusak berat, kami akan koordinasi dengan pemerintahan Desa, RW, RT, tokoh masyarakat”. Pungkasnya.

Pewarta : Agus Rahmat

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here