Bursa Inovasi Desa (BID), Pacu Kesejahteraan Masyarakat

0
30

GARUT, SMI.-

Program Inovasi Desa (BID), hadir sebagai upaya pemerintah untuk mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan dana desa, agar lebih efektif dan efesien melalui rujukan inovasi pembangunan desa, serta merevitalisasi peran pendamping dalam pengembangan potensi ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan sumber daya manusia, dan infrastruktur desa.

Dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Garut, Drs. Jat Jat  Sudrajat melalui Sekdis DPMD Asep Jaelani, Kamis (22/11/18) terkait kegiatan Bursa Inovasi Desa tingkat Kabupaten Garut. Program Inovasi Desa dalam pergerakannya terus memacu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara nasional dan partisipatif.

Melihat pergerakan yang terus meningkat, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi meluncurkan program ini untuk mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan dana desa dengan memberikan rujukan inovasi pembangunan desa.

Selain itu, menurut  Asep ada beberapa hal yang menjadi tujuan pokok, yakni merevitalisasi peran pendamping dalam pengembangan potensi ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan sumber daya manusia dan infrastruktur desa, memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisipatif, dana desa sebagai inovasi dalam peningkatan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat.

Asep Jaelani juga menuturkan, Program Inovasi Desa ini mendapat sambutan antusias dari seluruh elemen masyarakat terutama para Kepala Desa. Bahkan dalam berbagai pertemuan, para Kepala Desa meminta agar kegiatan ini terus berlangsung sehingga masyarakat semakin hari semakin sejahtera.

“Saya mendapat banyak masukan dan mendengar dari para Kepala Desa kalau program Inovasi Desa sangat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dan itu akan kita pacu terus program yang berkaitan di dalamnya,” ujarnya.

Kegiatan Bursa Inovasi Desa tingkat Kabupaten Garut yang berlangsung di Sarana Olah Raga (SOR) Ciateul Garut ini menghadirkan nara sumber dari Dinas Pertanian, Dinas Kesehatan dan Dinas Koperasi dan UKM Garut dan dihadiri seluruh Kepala Desa dan elemen masyarakat desa yang berjumlah 1.500 orang. **Ayi Ahmad

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here