Bupati Hadiri Koordinasi, Konvergensi Lintas Program dan Lintas Sektor Mengenai Intervensi Gizi Terintegrasi Penanggulangan Stunting

0
3

Kuningan, SMInews.com Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH.MH menghadiri pertemuan koordinasi, konvergensi lintas program dan lintas sektor mengenai intervensi gizi terintegrasi penanggulangan stunting tahun anggaran 2020 di Kabupaten Kuningan yang bertempat di desa Cikahuripan Kecamatan Maleber Kabupaten Kuningan. Acara ini dihadiri juga oleh Kadinkes Kuningan,Ketua TP PKK kabupaten Kuningan, Ketua Dharma Wanita Kabupaten Kuningan, camat Maleber beserta jajaran, Kepala puskesmas Maleber, unsur mustika, tokoh agama, dan masyarakat.

Pertemuan koordinasi, konvergensi lintas program dan lintas sektor merupakan kegiatan yang ketiga yang sudah kita lakukan dalam rangka pencegahan dan penanggulangan stunting. Konvergensi didefinisikan sebagai sebuah pendekatan intervensi yang dilakukan secara terkoodinir, terpadu dan bersama-sama pada target sasaran dan rumah tangga prioritas untuk mencegah stunting.

Kegiatan koordinasi, kovergensi lintas program dan lintas sektor ini mengundang 100 orang dengan sasaran 50 yang terdiri dari ibu hamil dan baduta dari satu desa lokus stunting serta 50 orang undangan dengan harapan di Kecamatan Maleber lebih ditingkatkan pencegahaan dan penggulangan stunting untuk intervensi gizi secara sensitif dan spesifik yang terintegrasi. Sebelumnya telah dilakukan kegiatan Rembuk Stunting dengan pihak terkait seperti PKK Kabupaten Kuningan, unsur organisasi kesehatan, dan unsur terkait lainnya. Dan sosialiasi regulasi pencegahan stunting dengan pihak terkait seperti kecamatan, puskesmas dan desa lokus stunting. Koordinasi terus dilakukan salah satunya melalui penyuluhan dan pengarahan pada ibu hamil, mengenai asupan gizi yang dibutuhkan, jelas dr. Hj. Susi Lusiyanti, MM.

Konvergensi disini sebagai upaya penyatuan berbagai layanan, secara sinergis dan konstruktif. Ini merupakan hal yang penting untuk mengetahui kekurangan maupun kelebihan satu sama lain dalam masalah stunting. Dan tujuan penyelenggaraan kegiatan ini adalah tidak lanjut kampanye cegah stunting untuk menyadarkan semua komponen masyarakat agar dapat berpartisipasi langsung dalam penurunan stunting dengan tindakan intervensi yang dibutuhkan. Dalam sambutannya Bupati Kuningan menghimbau mengenai peningkatan gizi masyarakat dengan memanfaatkan peternakan dan perikanan yang ada.

Beberapa kebijakan dan bantuan di keluarkan oleh dinas kesehatan, juga perikanan dan peternakan serta SKPD dan lembaga terkait untuk penanggulangan dan pencegahan stunting ini, seperti adanya bantuan untuk asupan makanan bergizi untuk bayi dan balita. Dana desa dapat dialokasikan salah satunya untuk pencegahan dan penggulangan stunting.

“Dengan kita dapat menghilangkan stunting di masing-masing wilayah, akan menjadikan Kabupaten Kuningan maju seperti visi dari Kabupaten Kuningan sendiri”. Tutur Bupati Kuningan.

Bupati Kuningan juga bersama camat Maleber dan dr. Susi meninjau kondisi puskesmas Maleber, dengan peringatan Hari Jadi Desa Cikahuripan yang ke-38 Bupati Kuningan mengucapkan selamat. Dengan harapan dapat terus melakukan pembangunan desa secara inovasi serta kreasi juga dukungan dari berbagai pihak. Dan visi misi Desa Cikahuripan dapat mendorong terwujudnya visi misi Kabupaten Kuningan.

Pewarta : Heryanto

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here