Bumdes Mangun Raharja Sukses Kembangkan Hasil Pertanian dan Agrowisata

0
25

Garut, SMInews.com Bumdes Mangun Raharja bersama petani di desa Wanakerta Kecamatan Cibatu mampu mengembangkan hasil pertanian dan Agrowisata edukatif hasil bimbingan tim ahli  dari Universitas IPB, dan UNPAD Bandung.

Ketua Bumdes Mangun Raharja, Enjang yang juga tokoh masyarakat Wanakerta mengatakan bahwa Bumdes Mangun Raharja dapat menciptakan hasil budidaya yang sangat luar biasa dengan hasil yang memuaskan di Perkebunan milik masyarakat seluas 35 hektar.

“Perkebunan masyarakat yang dapat menghasilkan keuntungan yang memuaskan serta pengembangan  agrowisata yang dapat menghasilkan beberapa produk unggulan petani Desa wanakerta yang bekerja sama dengan bumdes mangunraharja” Paparnya.

Sementara itu, Kepala Desa Wanakerta, Ir. Ii Sunarkawan memaparkan, jenis pisang yang sudah ditanam para petani sekitar 480 pohon, dimana  400 pohon telah berbuah dan menghasilkan produk unggulan pisang Lokal, seperti Pisang Raja Bulu, pisang kepok Tanjung, Pisang Mas Kirana, dan Pisang Apendik unggulan.

Selain Pisang, Bumdes  Mangun Raharja juga melakukan pembibitan jenis kurma, diantaranya Barhee, KL-1, H1Red,  H1 FG, dan jenis kurma H1S, yang akan segera dilakukan penanaman.

Bumdes Mangun Raharja juga membudidayakan tanaman alpukat yang beratnya bisa mencapai lebih dari 1 kilogram per buah. Jenis Alpukat diantaranya Ahsur, Paraco, Dirsantos, Wina, Miki, Plung, Markus, Nisa, dan Paksur, tertanam 350 pohon.

“Begitu juga pohon Duren yang telah berumur satu setengah tahun sebanyak 2000 Pohon. Masa pembuahan duren tersebut sekitar satu tahunan lagi insya alloh akan bisa mendapatkan hasil” Tambah Kepala Desa.

Awalnya para petani mengelola diatas 35 ha ini adalah petani konvensional, yang  selalu mendapatkan kerugian dan tidak mencukupi hasilnya. Kepala desa Wanakerta merangkul petani tersebut dan mengarahkan untuk dapat bekerjasama dengan Bumdes.

“Petani konvensional kurang dapat memenuhi kebutuhan, dengan mengarahkan agar para petani memiliki edukasi, serta bimbingan tim ahli dari Universitas IPB, dan Universitas Pajajaran bandung” ucapnya.

Kepala Desa juga mengatakan, kedepannya akan segera dibuka Agrowisata seluas 35 hektar, yang memiliki  beberapa jenis pohon pisang, kurma, alpukat, sawo dan Duren.

“Bumdes ini adalah sebuah hubungan pembibitan dengan para petani kebun, Dengan bimbingan pengarahan Kepala Desa Wanakerta agar menghasilkan panen yang maksimal. Secara konsisten jalin kemitraan dan mendatangkan tim ahli pemberdayaan masyarakat petani, oleh IPB dan Unpad sektor bibit unggul” ungkap Ir. Sunarkawan

Dengan mengusung konsep agrowisata, tempat ini menawarkan agrowisata  edukasi dengan bermacam – macam tanaman buah unggulan sebagai salah satu daya tariknya.

Kepala Desa Juga mengatakan, Tempat ini pada awalnya merupakan lahan perkebunan seluas puluhan hektare, pemilik lahan warga masyarakat (petani konvenesional). Kemudian para petani bekerjasama dengan bumdes. Kedepannya para petani akan dapat merasakan hasil yang lebih Baik. Bumdes memfasilitasi  pembibitan serta pemupukan yang sesuai dengan varietasnya.

“Dengan penataan dan perpaduan penbibitan, petani berkerjasama dengan bumdes Mangun Raharja menghasilkan buah – buahan unggulan serta merubah lahan yang indah mempesona menjadikan  tempat sebagai obyek destinasi agrowisata yang menarik” Pungkasnya.

Pewarta : Ayi Ahmad

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here