BPN Siap Kerjakan 60.000 PTSL Untuk Kab. Bandung

0
174

SOREANG, (SMI).-

Pemerintah menargetkan pada tahun 2025 setiap bidang tanah di luar hutan di Indonesia harus sudah  bersertipikat. Melalui BPN, dari tahun ke tahun, yang diawali dari tahun 2016 dalam program sertipikat gratis untuk warga, pemerintah sudah mengeluarkan sejuta sertipikat, 2018 menargetkan 7 juta sertipikat, 2019 menargetkan 9 juta sertipikat.

Di Jawa Barat saja dalam tahun 2018 pemerintah menargetkan sertipikat gratis  dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) ini sejumlah 1,9 juta sertipikat. Dari jumlah tersebut untuk  warga Kabupaten Bandung sejumlah 60.000 sertipikat.

Sebagai wujud keseriusan dalam program tersebut, Kepala Kantor ATR/BPN Kab. Bandung Atet Gandjar Muslihat  sudah membentuk panitia untuk menyukseskan  program ini.

Sejumlah 170 orang anggota panitia dari mulai tingkat desa, kecamatan serta staf BPN dalam kepanitiaan ajudikasi, satgas yuridis, satgas ifisik, dan satgas administrasi dilantik serta diambil sumpahnya oleh Kakan ATR/BPN Kab. Bandung, belum lama ini,  di Wisma Haji komplek Pemda Bandung.

Disaksikan oleh Kakan ATR/ BPN Propinsi Jawa Barat Sri Mujitono, serta dihasiri oleh Asisten Pemerintahan Kab. Bandung H. Yudi mewakili bupati yang halangan hadir, juga sejumlah pangusaha dan perbankan.

Usai acara, Sri Mujitono menegaskan, program PTSL harus benar-benar didukung oleh semua pihak, sebab program tersebut merupakan proyek amal untuk kepentingan masyarakat agar nyaman dan tenang karena memiliki kekuatan hukum dalam kepemilikan lahan tanah, juga bisa dipakai jaminan ke bank ketika membutuhkan pinjaman modal untuk membuka usaha.

Sri menambahkan, alasan melibatkan pihak desa dalam kepanitiaan, sebab yang lebih hapal dan dekat kepada masyarakat adalah pemarintahan desa. Sri menegaskan, dalam mengerjakan proyek PTSL jangan main-main, sabab ada sanksi hukum yang bakal menimpa jika program ini tidak dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Sri akan memberi apresiasi penghargaan, hanya tidak disebut berupa apa jika  BPN Kab. Bandung dalam  bulan Juli 2018 sudah bisa menyelesaikan sajumlah 30.000 sertipikat.
Sementara Atet mengaku akan bekerja sekuat tenaga untuk mencapai  target  tersebut.

Pihak BPN juga berharap ke pemda Bandung supaya lebih mengapresiasi terhadap program PTSL, seperti yang sudah dilakukan oleh beberapa pemda lainnya dari 27 kabupaten/ kota di Jawa Barat. Misalnya saja yang memberi bantuan kendaraan oprasional, ada perangkat komputer, tempat sekretariat, malah ada yang memberi insentif untuk panitia.

Sementara itu, H. Yudi menyampaikan apresiasinya kepada BPN yang  sudah mengerjakan 10.000 PTSL di tahun 2017. Kata Yudi, hal tersebut merupakan kontribusi yang baik untuk warga Kabupaten Bandung, serta berharap pada tahun 2025 semua bidang tanah di Kab. Bandung sudah bersertipikatan. ***(Aa/di)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here