BPBD Kabupaten Garut Sosialisasi pembentukan Desa Tangguh Bencana

0
57

Garut, SMI.-

Upaya penanggulangan bencana perlu ditangani secara komprehensif multi sektoral, terpadu dan terkoordinasi antar instansi pemerintah daerah, dunia usaha dan masyarakat. Untuk mewujudkan hal tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut menggelar sosialisasi pembentukan Desa Tangguh Bencana (Destana) Kabupaten Garut di Aula GRAHAJAYA Desa Kertajaya Kecamatan Cibatu, kabupaten Garut, Senin (11/03/2019).

Sosialisasi yang dibuka Kepala BPBD Garut, Drs. Dadi Djakaria,M.Si dihadiri Kepala Desa Kertajaya, Polsek Cibatu, Koramil 1106 Cibatu, Camat Cibatu yang diwakili Kasie Trantib, BPD, LPM, lembaga masyarakat, dan Pengusaha.

Menurut Dadi Djakaria, saat ini bencana yang sering melanda Desa Kertajaya adalah Kekeringan, baik yang disebabkan oleh faktor alam dan juga ulah manusia. “Oleh karena itu, kita diharapkan mampu untuk mengindentifikasi, menganalisis dan mengambil tindakan pencegahan dan mitigasi bencana” ujarnya.

Menurut Kasie penanggulangan dan pencegahan BPBD Garut Nonah Fatonah, S.Sos, Pembentukan Desa Tangguh Bencana di Desa Kertajaya, Kecamatan Cibatu oleh BPBD Garut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kemampuan dan pengetahuan pada masyarakat Kertajaya melalui program Destana. Dengan semakin meningkatnya intensitas Bencana dan keragamannya maka upaya penanggulangan bencana perlu kebersamaan. Destana yang memiliki kemampuan Mandiri untuk beradaptasi dalam menghadapi Ancaman,serta mampu memulihkan diri dengan segera dari dampak bencana yang merugikan.

“Kegiatan Sosialisasi Destana ini selama 10 Hari, dilengkapi dengan adanya  Evaluasi dan Monitoring terhadap kegiatan  dan Kapasitas Desa Kertajaya supaya berperan Aktif dalam upaya pengurangan Resiko Bencana  Kekeringan di desa Kertajaya” Jelasnya.

Dia juga menjelaskan, tujuan dan Sosialisasi ini untuk mendorong terwujudnya ketangguhan masyarakat dalam menghadapi Bencana yang lebih terarah, terencana terpadu  dan terkoordinasi. Selain itu juga mendorong Sinergi dan integritas seluruh program yang ada di lembaga usaha.

Ada beberapa sasaran yang ingin dicapai dalam pengembangan program Destana, masyarakat Sadar akan potensi bencana didaerahnya. Kemudian memiliki kesiapan untuk menghadapi bencana dan kemampuan untuk mengurangi resiko-resiko itu juga memiliki ketahanan dan kekuatan untuk membangun kembali kehidupannya, setelah terkena dampak bencana. **Ayi Ahmad

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here