Bimtek PPL Panwascam Sukahening

0
63

TASIKMALAYA, (SMI).-

Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Sukahening Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat mengadakan Bimbingan Teknik (Bimtek) Pengawas Pemilihan Lapangan ( PPL) di Kantor Sekertariat Panwascam dan diikuti tujuh orang pengurus, kamis (18/1)

Komisioner Divisi SDM Panwaslu Kabupeten Tasikmalaya Muhammad Abduh, S.Si. sebagai Narasumber memaparkan PPL yang sekarang berbeda dengan dulu, sesuai perundang – undangan, PPL sebagai ujung tombak yang berhubungan langsung dengan masyarakat,  peran dan tugasnya melakukan pengawasan Coklit ( kecocokan dan penelitian ) daftar pemilih dan pemutakhiran data.

“Jangan sampai satu orang pun tidak masuk kedalam data pemilih karena akan jadi masalah,  terutama untuk penyelenggara, hal ini akan dijadikan tolak ukur keberhasilan Pemilihan Umum ( Pemilu ). Dalam menjalankan tugasnya PPL bekerjasama dengan PPS.jika PPL, PPDP dan PPD bekerjasama dengan baik maka akan menghasilkan daftar pemilih yang sesuai/ valid” Ucapnya.

Ditegaskan Abduh, penyelenggara Pemilu harus bersifat Netral karena ada sanksi yang akan diberikan bagi penylenggara/ petugas pemilu yang bekerja tidak sesuai perundang – undangan dari mulai pemecatan, pemberhentian bahkan ada sanksi pidana jika terbukti ada petugas yang melakukan money politik.

Dikatakan Ketua Panwascam Sukahening Edi Supardan tujuan diadakan Bimtek PPL untuk pembekalan dilapangan  menjelang pemutakhiran data pada 20/1/2018. Dalam mengawasi kecocokan dan ketelitian (Coklit) Petugas Pemutakhiran Data Pemilih ( PPDP) dan berhubungan dengan PPS, PPL akan terjun langsung mengawasi PPDP untuk membuktikan tugas mereka mendata kerumah – rumah dijalankan dengan baik.

Menurut Pardan petugas PPL di Kecamatan Sukahening ada tujuh orang dari tujuh Desa, sedangkan TPS yang disediakan ada 53 TPS dengan masing – masing TPS Desa Banyurasa 12 TPS, Sukahening 11 TPS, Kudadepa 6 TPS, Sundakerta 6, Calincing 7, Banyuresmi 5 dan Kiarajangkung 5 TPS. Mudah – mudahan dengan Pengawasan  PPL sebagai ujung tombak Pemilihan Gubernur dan Wakik Gubernur 2018  membawa kesuksesan.     (Anton)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here