Berikan Pelatihan Administrasi Desa Berbasis Aplikasi, Pemkab Magetan Wujudkan Desa Smart

0
55

Magetan, SMI.-

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa  Kabupaten Magetan, memberikan pelatihan adminisatrasi desa berbasis aplikasi kepada puluhan aparat desa. Melalui pelatihan tersebut, diharapkan aparat desa mampu memberikan  pelayanan kepada masyarakat secara cepat dengan memanfaatkan IT.

Kabid Pemberdayaan Pemerintah Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa  Kabupaten Magetan, Gunendar mengatakan, pelatihan adminisatrasi desa berbasis aplikasi diharapkan bisa mendorong pelayanan kepada masyarakat lebih baik dan lebih cepat.

“Pelaksanaan pelatihan yang dilaksanakan di Sarangan tersebut, diharapkan akan bisa mewujudkan desa yang smart sesuai dengan visi Bupati Magetan Dr. Drs. H. Suprawoto, SH. M.Si, dimana setiap pemerintahan desa bisa memberikan pelayanan secara aplikasi berbasi IT kepada masyarakat,” ujarnya

Dalam peatihan kali ini, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa  Kabupaten Magetan baru menyertakan peserta dari satu kecamatan satu desa mengikuti pelatihan. Selain memberikan pelatihan kepada aparatur desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa  Kabupaten Magetan juga akan memberikan pelatihan kepada pengurus Badan Usaha Milik Desa agar bisa menggerakkan pemasaran produk unggulannya  melalui media online.

“Program PMD pemberdayaannya tidak hanya kepada aparatur pemerintah saja, tetapi juga pokmas, Bumdes. Tahun ini tanggal 26 sampai 29 pelatihan pengurus Bumdes dalam pelatihan pemasaran secara online” Tambahnya.

Melalui kemampuan adminisatrasi desa berbasis aplikasi, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa  Kabupaten Magetan juga mendorong pemerintah desa untuk  memberikan kesempatan kepada generasi muda di desa, yang memiliki kemampuan di bidang IT untuk dikembangkan  lebih luas dalam pemberdayaan masyarakat.

“Jangan dianggap masyarakat itu mengganggu, tapi cenderung kepada pemberdayaan masyarakat. Kita fungsikan perananya baik sebagai lembaga kemasyarakatan maupaun pemerintah desa,” ucapnya. **Goes

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here