Belajar Membuat Berita 1 : Fakta Atau Peristiwa Yang Bisa Dijadikan Berita

0
25

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Berita adalah cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat.

Sebelum membuat berita, pastikan terlebih dahulu Peristiwa atau fakta yang ada, layak atau bisa untuk dijadikan berita. Hal ini dilakukan untuk mengindari berita yang kita buat tidak mendapat respon dari pembaca, dan menjadi berita yang tidak memiliki nilai apapun.

Berdasarkan pengalaman penulis, Ada beberapa kriteria yang bisa dijadikan acuan untuk menentukan layak atau tidaknya fakta atau peristiwa dijadikan berita. Berikut beberapa kriteria fakta/ kejadian yang bisa dijadikan berita :

  • Besar

Kejadian atau fakta yang terjadi memberikan pengaruh yang besar kepada kehidupan atau masyarakat.

Sebagai Contoh : Kenaikan Harga BBM Fakta naiknya Bahan Bakar Minyak berpengaruh besar dan memiliki dampak pada kehidupan masyarakat

  • Langka

Kejadian atau fakta yang terjadi bersifat langka atau unik/ aneh atau menyimpang, fenomena yang jarang terjadi dalam kehidupan sehari – hari.

Contoh Kejadian Atau Fakta : Seorang ibu melahirkan Bayi Kembar Enam. Meskipun kelahiran bayi biasa – biasa saja, tapi untuk ibu yang melahirkan 6 bayi kembar bisa dibilang langka, karena kejadian ini sangat jarang terjadi.

  • Populer

Kejadian atau peristiwa yang terjadi dari seseorang yang merupakan public figure, orang yang mempunyai pengaruh besar dalam kehidupan. Seperti selebritis, pejabat, tokoh dll. Fakta atau peristiwa dari orang – orang popular memang sering menjadi incaran para pembaca, setiap gerak – gerik atau tindakan yang menurut kita biasa saja, tapi bagi seseorang yang terkenal bisa menjadi sesuatu yang luar biasa.

Sebagai Contoh : Jokowi Makan Di Warteg. Bagi Orang biasa, Makan diwarteg bukan hal yang luar biasa. Ribuan bahkan jutaan orang setiap harinya makan diwarteg. Tetapi, ketika seorang presiden yang makan di warteg, bisa menjadi berita menarik.

  • Bencana

Hampir semua berita bencana mendapat perhatian yang besar dari pembaca. Selain itu, pemberitaan yang dibuat memiliki dampak yang besar. Tidak sedikit orang yang ingin mengetahui perkembangan dari bencana yang terjadi. Dengan adanya pemberitaan tentang bencana ini. Banyak pembaca yang mengetahui kejadian atau fakta dari berita tergugah hatinya untuk membantu korban dampak bencana.

Kriteria bencana ini bukan hanya mencakup bencana alam saja, akan tetapi Kecelakaan, Bahaya atau segala sesuatau yang menimbulkan kerugian dan penderitaan.

  • Pengetahuan

Fakta atau kejadian memiliki nilai sebagai sumber pengetahuan bagi para pembaca, karena salah satu fungsi pers sebagai media edukatif. Fakta yang kita dapat, bisa dijadikan referensi atau bahkan bisa dijadikan tutorial serta bisa menambah wawasan pembaca.

  • Human Interest

Fakta Human Interrest ini merupakan kejadian yang bisa menyentuh perasaan atau menggugah sisi emosional pembaca. Seperti contoh kejadian Seorang Bocah 6 Tahun yang merawat ibunya yang lumpuh.

Setiap pembaca pasti tergugah hatinya melihat seorang bocah 6 tahun yang seharusnya menikmati masa kecilnya, harus merawat ibunya yang lumpuh.

  • Informatif

Fakta atau kejadian yang kita dapat bersifat informatif, dalam artian fakta atau peristiwa tersebut menyangkut kepentingan umum yang harus diketahui orang banyak.

Beberapa Kriteria Fakta atau peristiwa tersebut merupakan pengalaman penulis, saya yakin masih banyak lagi kriteria yang bisa dijadikan acuan untuk menentukan suatu fakta atau kejadian layak atau bisa dijadikan berita. Terima Kasih

Bersambung ke Belajar Membuat Berita 2

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here