Bank Sampah Desa Cibahayu Atasi Masalah Sampah dan Menjadi Sumber Penghasilan Warga

0
26

Tasikmalaya, SMI.- Ridwan Nuryakin warga Kapung Joglo Desa Cibahayu Kecamatan Kecamatan Kadipaten Tasikmalya berhasil merubah sampah yang tadinya tidak memiliki nilai ekonomis dan menjadi permasalahan pelik di beberapa daerah menjadi sumber penghasilan baru bagi masyarakat.

Ridwan bekerja sama dengan Pemerintah Desa Cibahayu dalam pengelolaan sampah diwilayahnya dengan membuat Bank Sampah. Nantinya setiap warga akan menyetor sampah di bank sampah, dan mendapatkan uang.

Sebgai penggagas Bank Sampah, Ridwan Nuryakin menjelaskan bahwa, tidak ada sesuatu barang yang tidak bisa mendatangkan uang, sekalipun sampah yang tidak berguna ternyata bisa mendatangkan berkah. Sampah memang barang yang tak berguna bahkan kalau tidak terurus bisa juga mendatangkan penyakit.

“Sampah akan sangat bermanfaat jika di kelola dengan baik, dan bahkan bisa menumbuhkan perekonomian warga. Bank sampah yang sudah berjalan kurang lebih 10 bulan, di kampung joglo Alhamdulillah berjalan sesuai harapan” Ungkapnya.

Dengan pengelolaan sampah yang bai, akan mendapatkan berbagai macam keuntungan. Masalah sampah akan teratasi dan dapat menjadi sumber penghasilan baru bati masyarakat.

“Bukan itu saja warga yang stor sampah ke Bank Sampah menerima upah hasil pengumpulan sampah di rumah. Dengan demikian Bank sampah ini sangat berguna yang perlu dukungan dari berbagai pihak antara Pemerintah Desa dan warga Masyarakat”Paparnya.

Erin Nurudin Kepala Desa Cibahayu berharap agar pengelolaan Bank sampah ini terus di urus dengan sungguh – sungguh “Bank sampah sangat penting adanya. Selain mengantisipasi sampah berserakan, juga bisa menambah perputaran ekonomi warga. Yang biasanya sampah di buang tanpa karuan kini bisa di setorkan ke Bank sampah bahkan sampahnya bisa menghasilkan income”.

Erin Nurdin mengajak kepada seluruh warganya agar terus mendukung bank sampah “Mari kita dukung pengelolaan Bank sampah ini oleh warga masyarakat Desa Cibahayu pada khususnya dan umumnya Kecamatan Kadipaten. Karena ekonomi kita masyarakat akan lebih maju jika bisa menggali potensi potensi yang belum di gali. Mudah mudahan Bank sampah ini berjalan secara berkesinambungan” Ucapnya.

 

Pewarta : HS

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here