Bagikan Air Bersih Kepada Warga, Kades Cibatu Gunakan Uang Pribadi

0
49

GARUT, SMI.-

Akibat musim kemarau yang berkepanjangan, sebagian besar wilayah Kabupaten Garut mengalami kekeringan dan krisis air bersih. Kekeringan juga dialami Desa Cibatu dan Kertajaya Kecamatan Cibatu.

Warga yang mengalami krisis air bersih mengharapkan bantuan, meminta kepada para pemerintah desa untuk mengupayakan pengadaan air bersih. Bahkan, warga Kampung Negla untuk mendapatkan air bersih harus berjalan beberapa kilometer ke Cimanuk.

Untuk mengantisipasi krisis air bersih yang dialami warganya, Kepala Desa Cibatu Dadang Sulaeman berupaya untuk meminta bantuan kepada pemerintah Kabupaten Garut, namun sayangnya belum membuahkan hasil.

Untuk membantu warga, Dadang Sulaeman berinisiatif untuk menggunakan dana pribadi juga swadaya dari pemerintahan desa dan sumbangan dari pengusaha biduri. Dana yang terkumbul digunakan untuk memberikan air bersih kepada masyarakat.

Ditemui ketika membagikan air bersih di Kampung Negla, Rabu (24/10/18), Dadang Sulaeman yang didampingi Babinsa menuturkan Bahwa diwilayah Desa Cibatu ada 6 RW yang kekurangan air.  Pembagian air bersih sebanyak 2 sampai 3 tanki setiap hari, mereka juga tidak mutlak hanya berkeliling di Desa Cibatu saja, namun mereka juga mengirim ke Desa Kertajaya. Memang banyak yang meminta bantuan air, namun terbentur birokrasi karena menurutnya harus ada kordinasi antar desa.

“Maksud kami memasukan aktivitas ini ke media bukan berarti riya. Namun kami mengetuk hati para Dermawan, BUMN, atau siapa saja yang siap membantu masyarakat kami dalam segi pengadaan air untuk jangka ke depan seperti pembuatan Sumur Bor.  Kebetulan Desa Cibatu dalam 2019 kedepan sebagian besar anggarannya akan di alokasikan  pembangunan sumur bor.” katanya.

Warga Kampung Negla berterima kasih atas bantuan air tersebut, seperti yang diutarakan oleh Awang (45) “Alhamdulillah Ku aya na bantosan Cai ieu ibadah lancar, Raoseun tiasa  susuci abdi nganuhunkeun pisan ka pak lurah sareng ka sadaya rekan-rekan ti pemerintahan desa oge ka koramil 1105, hatur nuhun pisan.( Alhamdulillah dengan adanya air ini ibadah menjadi lancar, nyaman  bisa bersuci. Saya berterimakasih kepada Pak Lurah, serta anggota Koramil 1105 Cibatu”. **Ayi Ahmad

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here