Aunur Rofiq, S.Ag : Menjaga Amanah, Kunci Meraih Kebahagiaan Dunia dan Akhirat

0
20

Semarang, SMInews.com Menuju normal, baru SMA Negeri 4 Semarang menggelar pelaksanaan Sholat Jum’at di Masjid An Nida SMA Negeri 4 semarang jalan karangrejo raya 12A, Srondol Wetan, Kec. Banyumanik Kota Semarang, Jum’at (17/7/2020).

Seperti pelaksanaan sholat jumat sebelumnya, semua jamaah mengikutinya dengan mentaati anjuran pemerintah, serta menerapkan protokol kesehatan, diantaranya menjaga jarak shaff dan memakai masker. Bertindak selaku imam dan khotib shalat jumat Ustad Aunur Rofiq, S.Ag dengan tema “Menjaga amanah, kunci meraih kebahagiaan dunia dan akhirat”

Dalam khutbahnya, Aunur Rofiq mengajak agar setiap saat ada kesempatan, dimanapun berada, dalam situasi yang menyenangkan, atau kurang menyenangkan agar berserah kepada Allah SWT.

“Kita senantiasa bermasabah,  instropeksi terhadap diri kita sejauh mana kebaikan kebaikan yang sudah kita lakukan. Kalau sudah baik marilah kita pertahankan, kalau belum baik marilah tingkatkan, karena hanya dengan amal sholeh kita akan mendapatkan  kebahagiaan dunia maupun akhirat. Kita ketahui bersama dunia adalah penjaranya orang-orang yang beriman, dan surganya bagi orang kafir. Untuk itu marilah dalam kesempatan yang berbahagia ini kita tingkatkan kualitas taqwa kita kepada Allah dengan melaksanakan perintah perintahNya dan menjauhi larangan laranganNya, Inshaa Allah kita akan dibalaskan oleh Allah hamba hamba yang beruntung” Ucapnya.

Menurut Rofiq, Apabila kita istiqomah didalam melaksanakan kebaikan dan kita juga konsisten menjauhi larangan larangaNya. Amanat Allah yang telah engkau berikan kepada kita yang berupa syariat Islam wajib kita laksankan untuk mencapai ketentraman hidup, untuk mencapai ketentraman lahiriah dan batiniah.

“Dalam Agama Islam terkumpul berbagai aturan dan ketentraman yang menjamin ketengan batiin seorang insan sebagai khalifah Allah dimuka bumi. Untuk menjaga ketentraman hati, ada dua kepentingan yang harus  kita hadapi waktu melaksanakan perintah Allah sebagai bukti ketundukan makhluk kepada khaliqnya yang disebut sebagai hablum minallah serta melaksanakan kehidupan manusia yang disebut dengan hablummina naas merupakan kunci dalam menjalankan roda kehidupan yang telah menjadi cita cita sebagai khalifah dimuka bumi” Jelasnya.

Menurut Rofiq, dua kepentingan ini merupakan amanat Allah yang wajib kita penuhi. terpenuhinya amanat tersebut pasti akan membuahkan hasil yang baik yaitu kebahagiaan dunia dan akhirat. Sebaliknya seandainya amanat Allah tersebut tidak kita laksanakan dengan baik pasti akan mendapatkan bencana akan mendatangkan kehinaan dan kehancuran.

Allah berfirman : Duribat ‘alaihi muz zillatu aina ma suqifu illa bihablim minallahi wa hablim minsn nasi wa ba ubigadsbim minallahi wa duribat ‘alai hi mul maskanah zalika bi annahum kam yakfuruna bi aystillahi wa yaqtulunal ambiya a bigairi haqq zalika bima asaw wa janu ya’radun.

Artinya: Mereka diliputi kehinaan dimana saja mereka berada, kecuali jika mereka berpegang kepada tali (agama) Allah dan tali (perjanjian) dengan manusia dan mereka kembali mendapat kemurkaan dari Allah dan mereka diliputi kerendahan.

Yang demikian itu karena mereka kafir kepada ayat ayat Allah dan membunuh para nabi tanpa alasan yang benar. Yang demikian itu disebabkan mereka durhaka dan melampaui batas. (Q.S. Ali Imron, ayat 112).

Dalam menjalani hidup dengan berbagai persoalan yang senantiasa berpasang pasangan ini sebagai susah dan senang, baik dan buruk, kaya dan miskin dsbnya. kita memerlukan upaya upaya yang sungguh untuk mengelolanya. Pilihan yang kita sangat bergantung kepada Cara berpikir kita.

Ada disebagian kita yang mencampur adukkan antara pilihan yang haq dan yang batil yang Haram dan yang halal. Maka nabi pernah bersabda : sehat2 sebelum sakit, muda sebelum tua, Kaya sebelum miskin, lapang sebelum sempit dan hidup sebelum mati.

Maka manusia harus mampu berpikir Dan merenungi kembali bahwa Kita akan kembali kepada-Nya, apapun musibah yang Kita alami hendaknya Kita berdoa Dan selelu berprasangka baik kepada Allah. Yang demikian itu disebabkan mereka durhaka dan melampaui batas. (Q.S. Ali Imron, ayat 112).

Rofiq menambahkan bahwa dalam menjalani hidup dengan berbagai persoalan yang senantiasa berpasang pasangan ini sebagai susah dan senang, baik dan buruk, kaya dan miskin dsbnya. kita memerlukan upaya upaya yang sungguh untuk mengelolanya.

Pilihan yang kita sangat bergantung kepada Cara berpikir kita. Ada disebagian kita yang mencampur adukkan antara pilihan yang haq dan yang batil yang Haram dan yang halal.

Maka nabi pernah bersabda : sehat2 sebelum sakit, muda sebelum tua, Kaya sebelum miskin, lapang sebelum sempit dan hidup sebelum mati.

Maka manusia harus mampu berpikir Dan merenungi kembali bahwa Kita akan kembali kepada-Nya, apapun musibah yang Kita alami hendaknya Kita berdoa Dan selelu berprasangka baik kepada Allah.

 

Pewarta :  M.Taufik

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here