Ambalan Setiabudi-Malahayati SMAN 4 Semarang

0
72
Ka Mabigus Ambalan Setiabudi-Malahayati SMA Negeri 4 Semarang, Dra. Wiji Eny Ngudi Rahayu,M.Pd saat membuka Kemah Blok di Ridam Bantir Sumowono . Foto : M. Taufik

Semarang,SMI.- Ambalan Setiabudi-Malahayati adalah salah satu ambalan di Kota Semarang, terletak di SMA Negeri 4 Semarang yang beralamat jalan Karangrejo Raya No. 12A, Srondol Wetan, Banyumanik Kota Semarang.

Ambalan Setiabudi-Malahayati berdiri pada 4 April 1979 yang dipelopori Alm. Kak Rahyono. Lambangnya segi lima dengan background warna merah di tengah ada gambar patung ganesha dalam bejana warna kuning yang diapit tunas kelapa kiri dan kanan dibawahnya ada pita yang bertuliskan “ Yuana Sentosa Praptidina” . Ambalan ini terbagi menjadi dua, namun tetap dalam satu kesatuan , Setuabudi untuk putra serta Malahayati untuk putri.

Ambalan Setiabudi-Malahayati Gudep 077.078 kelas XII SMA Negeri 4 Semarang menggelar kemah blok dengan tagline “ Menuju Sukses Masuk Perguruan Tinggi “di Rindam Bantir Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang, 9 – 11 Desember 2019.

Dalam upacara pembukaan yang diikuti sejumkah 391 penegak, dipimpin oleh Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Ka Mabigus) Dra. Wiji Eny Ngudi rahayu,M.Pd.

Dalam sambutannya Ka Mabigus mengatakan bahwa semua siswa (penegak) memiliki tantangan yang luar biasa, tantangan dalam hal proses pendewasaan karena adik – adik semua akan menghadapi masa – masa yang akan datang, akan menghadapi jika kalian akan terjuan di masyarakat. Oleh karenanya adik – adik harus mencari bekal yang cukup khususnya bekal pengetahuan yang antara lain dalam hal ini adalah pendidikan kepramukaan.

Seluruh peserta kemah blok Ambalan Stiabudi-Malahayati sedang mengikuti upacara

“Ini adalah salah satu bekal, karena pramukalah adik – adik akan menemukan kedisiplinan, sikap perilaku yang baik, mental yang baik juga kepribadian yang pada ujungnya adalah pendidikan karakter secara umum. Oleh karenanya, kalian semuanya untuk bisa mengikutti dengan sebaik baiknya, ada keseriusan untuk mengikutinya juga ada keceriaan disitu, sehingga kalian untuk menapak masa depan karena sudah mengikuti dengan baik khususnya pramuka, kalian akan menghadapi masa depan dengan baik pula dan Inshaa Allah organisasi ini adalah organisasi sebagai melatih diri kalian,” paparnya.

Eny berharap untuk menjadi sosok manusia yang berkualitas yang tentunya setelah pendidikan kepramukaan ini dilaksanakan di Rindam Bantir bisa di implementasikan di sekolah, karena kelas XII maka kalian harus bisa menjadi contoh adik – adik kalian.

“Jika kalian ada bekal untuk mengikuti SMPTN dan mengikuti Ujian, oleh karena itu harus bisa membawa diri dengan sebaik baiknya karena ini nanti ada materi materi yang disampaikan oleh Tim Rindam Bantir juga dari bapak ibu guru Pembina kalian. Oleh karena itu saya berharap untuk bisa mengikuti dengan sebaik baiknya,” ungkapnya.

Bapa Ibu Guru Pembina Kemah Blok Ambalan Setiabudi- Malahayati SMAN 4 Semarang

“Perlu diketahui bahwa kelas XII yang mengikuti kemah blok hari ini sejumlah 391 siswa, kalian harus mempersiapkan diri dengan sebaik baiknya untuk mengikuti kegiatan kemah blok, setelah mengikjuti kegiatan tersebut tentu implementasi nanti akan saya lihat . Yang pa;ing gampang adalah upacara, karena upacara adalah nasionalisme. Apakah jalian bisa mengikuti upacara  tanpa harus di himbau melalui pengeras suara. Saya berharap Tim dari Rindam Bantir untuk bisa mendidik , membimbing, membuat bahwa ambalan Setiabudi-Malahayati menjadi sosok siswa siswi yang memiliki nasionalisme tinggi. Oleh karenanya sejumlah 391 siswa siswi ambalan Setiabudi-Malahayati SMA Negeri 4 Semarang kami serahkan ke Tim Rindam Bantir untuk mendidik, membimbing, menjadikan anak anak kami memiliki patriotism tinggi serta tangguh,” pungkasnya.

Seluruh peserta kemah blok sedang senam kesehatan jasmani di ahri kedua.Foto: M. Taufik.
Pewarta : M. Taufik

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here