Ali Rosyidin,S.IP Resmi Nakhodai Sekber Pers IPJT BPC Pekalongan Raya

0
8
Sekjen BPP Sekber Pers IPJT Prov Jateng, Moch. Safik sedang membacakan SK Pelantikan Sekber Pers IPJT BPC Pekalongan Raya, Sabtu ( 7/9/2019 ), Foto : M. Taufik

Semarang,SMI.- RM. Soewondo, selaku Ketua Umum Sekber Pers Insan Pers Jawa Tengah (IPJT) melantik Sekber Pers IPJT Badan Pengurus Cabang Pekalongan Raya yang meliputi BPC Kabupaten Pekalongan dan Kota Pekalongan di Aula Eks Pendopo lama Kabupaten Pekalongan, Sabtu (7/9/2019).

Usai melantik, Soewondo berpesan untuk selalu memperjuangkan dan mengedepankan visi dan misi Sekber Pers IPJT, karena anggota IPJT merupakan kumpulan dari rekan – rekan wartawan serta ada juga dari LSM.

Menurutnya, Sekber Pers IPJT harus membangun serta bersinergi dengan Forkompinda serta Pemerintah Kabupaten Kota, khususnya yang ada di Pekalongan ini, tentu saja dalam menjalankan tugasnya harus sesuai dengan kode etik jurnalistik.

Sementara itu, Dr.H. Endar Susilo,SH.MH selaku Ketua Harian Sekber Pers IPJT Prov Jateng dalam sambutannya menuturkan bahwa tugas yang dipikul IPJT kedepannya sangat berat. “Nantinya temen – temen di IPJT Pekalongan Raya setelah selesai pelantikan, banyak melakukan kegiatan, seperti seminar tentang jurnalistik, membuat kegiatan tentang penyuluhan hukum, membuat kegiatan kegiatan sosial dan kita kalau menggandeng pihak Forkompinda tidak kesulitan, pasti akan dibantu,” tuturnya.

Menurutnya, sudah selayaknya organisasi apapun harus mau berdampingan dengan pemerintah setempat. Kalau ini dilakukan, maka tugas IPJT Provinsi akan lebih ringan.

Endar menambahkan bahwa pelantikan Sekber Pers IPJT Badan Pengurus Cabang  Pekalongan Raya ini merupakan yang pertama, dan nantinya akan menyusul 34 Kabupaten Kota secara estafet akan diadakan pelantikan.

Usai di lantik BPC Sekber Pers IPJT Pekalongan Raya (baju biru) poto bersama dengan pengurus Serber Pers IPJT Provinsi Jawa Tengah (baju putih ) Foto : M. Taufik

Pada kesempatan yang sama, Walikota Pekalongan HM. Saelany Machfud dalam sambutan tertulisnya, mengucapkan selamat dan sukses kepada segenap jajaran IPJT Pekalongan Raya yang baru saja di lantik.

“Kami berharap kepengurusan yang baru di lantik ini dapat segera meneruskan program kerja sebagaimana yang kita harapkan bersama, khususnya dalam upaya menyebarluaskan informasi dan pemberitaan secara lebih tepat, dan akurat sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku dan kode etik jurnalistik yang telah ditentukan,” ucapnya.

Menurutnya perkembangan media baik cetak, elektronik maupun media online saat ini kian pesat. Hal ini melahirkan banyak pekerja dibidang media, khususnya wartawan sebagai derapnya kedepan di dalam pemberitaan. Hal ini pula tentunya harus diimbangi dengan kemampuan peningkatan SDM yang memadai,kompeten dan professional. Kode etik jurnalistik harus menjadi landasan moral, penetapan kode etik guna menjamin tegaknya kebebasan pers serta terpenuhinya hak hak masyarakat.

“Kini dapat menjadikan momentum bagi kita semua untuk saling memupuk kesadaran dan komitmen bagi segenap insan pers agar dapat lebih berperan serta didalam pembangunan bangsa dan Negara, khususnya di wilayah Kota Pekalongan,” Pungkasnya

Pengurus Sekber Pers IPJT Provinsi Jawa Tengah ,Foto : M. Taufik

Sementara itu, Ketua Sekber Pers IPJT, BPC Pekalongan Raya, Ali Rosyidin,S.IP  menjelaskan dengan terbentuknya serta keberadaan Sekber Pers IPJT BPC Pekalongan Raya ini dapat menjadi wadah insan pers dalam pengabdiannya kepada masyarakat, terutama dalam menyampaikan informasi yang akurat serta dapat dipertanggung jawabkan.

Menurut Ali, semua wartawan yang tergabung dalam wadah IPJT harus menulis hasil liputannya untuk di sampaikan kepada masyarakat. “Saya tidak ingin ada istilah WTS (Wartawan Tanpa Surat Kabar), dan juga Muntaber ( Muncul Tanpa Berita ),” pungkasnya.

Hadir pada acara pelantikan dan Deklarasi Sekber Pers IPJT BPC Pekalongan Raya antara lain, Forkompinda, Kodim, Polresta Pekalongan, Kejari Pekalongan, Pengurus Sekber Pers IPJT Prov Jateng.

 

Pewarta : M. Taufik

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here