Akibat Kekeringan, Air Tak Layakpun Digunakan

0
19

PALI, SMI-

Musim kemarau yang berkepanjangan, membuat sebagian wilayah di Indonesia mengalami kekeringan. Kekeringan juga melanda Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali) Sumatera Selatan.

Hampir tiga bulan ini hujan tidak turun, sehingga menyebabkan sumur warga dan penampungan air mengering. Untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari, sebagian warga terpaksa memanfaatkan air yang tidak layak pakai. Sebut saja Amrin (29) ia terpaksa mengambil air rembesan pipa PDAM Cabang Pendopo yang bocor di pinggir jalan Talang Nanas.

Pemuda asal Talang Nanas itu, rela mengambil air yang menggenangi jalan. Walaupun ia sadar air yang ia ambil tidak higienis akan tetapi untuk memenuhi kebutuhan sehari- hari dia terpaksa mengambilnya. Air yang dia ambil digunakan untuk keperluan mencuci dan mandi. Dia nekad mengambil air yang warnanya saja sudah menguning.

“Ya pak, kami terpaksa mengambil dan menggunakan air ini, sebab sudah hampir tiga bulan lamanya hujan tak kunjung turun, sumur dan penampungan air wargapun sudah  mulai mongering” tukasnya.

Menurut pengakuan Amin, ada beberapa warga yang memanfaatkan air rembesan pipa PDAM Cabang Pendopo ini.

“Kami terpaksa mengambil airnya. Karena kalau tidak, kami tidak bisa mencuci dan mandi lumayan pak dari pada beli dari tanki, uangnya bisa untuk keperluan lainnya” Katanya.

Amin Berharap pemerintah Kabupaten Pali bisa melihat, dan mendengar keluhan warga dan memberikan bantuan air bersih untuk warga yang dilanda kekeringan,  khusnya di Talang Nanas.**Sbr

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here