DPRD Kab. Malaka NTT Studi Banding Sistem Pertanian di Sukoharjo Jateng

0
21

Sukoharjo, SMI.- Kedatangan Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Malaka Provinsi Nusa Tenggara Timur, disambut Bupati Sukohajo H. Wardoyo Wijaya, SH., MH yang diwakili Kepala  Bagian Setda Kabupaten Sukoharjo Ari Haryanto S. Pd. M. Si, bersama Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo Ir. Nety Harjanti di ruang Graha Satya Karya Sekretariat Daerah Kabupaten Sukoharjo, Rabu (6/11).

Kedatangan rombongan pimpinan dan anggota DPRD Malaka ini dalam rangka study banding terkait manfaat dan hasil sistem mina padi dan budidaya ikan, Cara bertenak sapi serta melihat dari Dekat Waduk jebakan air dikala musim kamarau.

“Kami sangat gembira dan mendukung dengan ada nya kunjungan kerja tentang pertanian ini, agar Indonesia semakin maju dalam pertahanan pangan ” Ungkap Kepala Dinas Pertanian Ir. Nety Harjanti.

Kegiatan studi banding ini diawali dengan paparan dan perkenalan yang disampaikan Wakil Ketua II DPRD Malaka Hendrik Fahik Taek, menyusul kemudian presentasi dari Kepala Dinas Pertanian Nety Harjanti secara umum sistem minapadi dan budidaya ikan.

Kemudian rombongan melanjutkan kegiatan kunjungannya ke lokasi pertanian dan melihat irigasi pesawahan dan cara tanam dengan teknologi modern. Rombongan juga mengunjungi lokasi percontohan sistem pertanian mina padi, yang berada di Desa Jagan Kecamatan Bendosari Kabupaten Sukoharojo

“Jadi mereka ke sini ini mau tahu sejauh mana sistem mina padi ini berjalan, kemudian sejauh mana manfaat yang di rasakan oleh masyarakat,” ujar Ir. Nety Harjanti.

Untuk pengairan pertanian di musim kemarau, Nety mengatakan bahwa dibuat  sumur bor di berbagai lahan yang yang tersedia, sehingga sepanjang tahun tetap bisa panen sesuai keinginan dan perhitungan para petani. Di Keramba  apung membudidayakan ikan air tawar yang di kelola masyarakat, hasilnya sangat bagus, sehingga dapat membantu perekonomian masyarakat.

Komisi II DPRD Kabupaten Malaka, Markus Baria Berek akan mencoba menerapkan sistem pertanian yang sudah berjalan di Sukoharjo di Kabupaten Malaka. “Hal ini mau kita terapkan di Malaka NTT, dengan harapan apa yang sudah berjalan di Sukoharjo makmur ini, bisa terwujud di Malaka NTT, tentu kita akan selalu berkordinasi, seperti  pelatihan,pembibitan dan pemupukan” Ungkapnya.

Dalam kunjungannya ke Kabupaten Sukoharjo, Para Dewan Dari Kota Malaka Nusa Tenggara Timur  ini tampak  antusias, memperhatikan, merekam, dan mencatat yang di paparkan oleh tim,  baik Nety selaku kepala Dinas maupun para penyuluh yang sudah malang – melintang mendalami tentang pertanian dan peternakan di Kabupaten Sukoharjo.

Carlos Monika. SH. Selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Malaka NTT juga mengatakan bahwa Program seperti ini tentu tidak cukup hanya sekali, harus berkelanjutan dan berkesinambungan, hal ini sangat bagus agar di Kabupaten Malaka bisa cepat maju seperti di Sukoharjo.

Pewarta : Untung Teguh

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here