6 Kali Dalam Sebulan, Tradisi Tayuban Sudah Menjadi Kegiatan Rutin Tahunan Bersih Desa Pingkuk

0
245

Magetan, SMInews.com Pagelaran Tayuban di giat bersih desa atau sedekah bumi di Desa Pingkuk Kecamatan Bendo, Kabupaten Magetan, merupakan tradisi yang wajib dilaksanakan oleh pemerintah dan masyarakat desa setiap tahun sekali di bulan Muharram atau bulan Suro.

Sebelumnya Pemerintah Desa juga sudah melaksanakan kegiatan bersih desa atau sedekah bumi yang di laksanakan di 5 dukuh dan termasuk juga tempat keramat atau punden. Untuk ke 6 kalinya ini menjadi puncak acaranya bersih desa yang di selenggarakan di Dusun Bandar, Desa Pingkuk yang juga menyelenggarakan adanya pagelaran tayuban, Jum’at (04/09/2020).

Seperti halnya yang diutarakan Kepala Desa Pingkuk Ajis Santoso, bahwa pagelaran tayuban tersebut dilaksanakan oleh Pemerintah Desa dalam rangka bersih desa yang bertujuan melestarikan kebudayaan, selain itu di hari jum’at kliwon sebagai mengenang kepada leluhur kami.

“Pada Jumat Kliwon di bulan Suro ini kita mengadakan sedekah bumi atau bersih desa, pada kesempatan sore ini adalah hari pelaksanaan yang ke-6, kemarin yang ke 5 sudah kita laksanakan Jumat yang lalu dan ini yang terakhir dan merupakan kebudayaan turun temurun yang harus kita lestarikan dari nenek moyang kita” jelasnya.

“Adanya pagelaran kesenian tayub seperti ini sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan agar kehidupan mereka selalu diberi kententraman, dan sebaliknya kami berharap dengan kegiatan bersih desa ini warga dan masyarakat selalu diberi kesehatan, kecukupan rejeki, serta ayem tentrem” imhuhnya.

Pewarta : Gun

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here