46 Koli APD Untuk Papua Barat Datang Lagi, Kodam XVIII/Kasuari Bantu Terima di Manokwari

0
13

Manokwari, SMInews.com Kodam XVIII/Kasuari  melalui Kesehatan Kodam (Kesdam) XVIII/Kasuari kembali bantu menerima bantuan Alat Kesehatan (Alkes) dari Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19, yang diserahkan oleh pilot pesawat TNI AU. Setelah diterima oleh perwakilan Kodam, bantuan Alkes tersebut lalu diserahkan kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Papua Barat.

Wakil Kepala (Waka) Kesdam XVIII/Kasuari, Letkol Ckm dr Arsana menerima Alkes yang berisi Alat Pelindung Diri (APD) dari Pilot TNI AU, Kapten Penerbang (Pnb) Andreas dan selanjutnya diserahkan kepada Kepala Dinkes (Kadinkes) Provinsi Papua Barat Otto Parorrongan, SKM,M,MKes., Jum’at (01/05/2020) di Bandara Rendani, Manokwari, Papua Barat.

Waka Kesdam mengatakan  bantuan APD yang tiba hari itu, 40 koli (2000 pcs) diperuntukkan bagi Dinkes Provinsi Papua Barat, sedangkan 6 koli lainnya (300 pcs) bagi Dinkes Kabupaten Manokwari.

“Kami dari Kodam XVIII/Kasuari mengucapkan terima kasih kepada Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19 atas bantuan APD yang diberikan dalam rangka penanganan Covid-19 di wilayah Papua Barat,” ucap dr Arsana.

Senada dengan itu, Kadinkes Papua Barat, Otto Parorrongan, SKM,M,MKes. juga menyampaikan hal yang sama.

“Kami berterima kasih banyak atas segala upaya dan bantuan Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19. Tidak lupa, kami juga sangat mengapresiasi dukungan dan kinerja bapak Pangdam beserta segenap staf di Kodam XVIII/Kasuari, yang telah banyak membantu Dinkes Papua Barat dalam mendistribusikan APD di wilayah Provinsi Papua Barat,” kata Otto Parorrongan.

“APD ini akan segera didistribusikan kepada fasilitas pelayanan kesehatan yang membutuhkan, yakni ke Rumah Sakit Karantina yaitu ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi Papua Barat. Adapun untuk Kabupaten Manokwari akan didistribusikan ke RSUD Kabupaten Manokwari dan beberapa Puskesmas yang ada,” tambahnya.

Di tempat yang sama, Pilot TNI AU Kapten Penerbang (Pnb) Andreas mengungkapkan, 46 koli APD bantuan dari GugusTugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19 tersebut diangkut dengan menggunakan Pesawat TNI AU jenis Boeing 737-400 A-7308, yang membawa 11 orang _aircrew_ dengan rute penerbangan dari Jayapura-Merauke-Biak- Manokwari, kemudian melanjutkan penerbangan kembali ke Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

“Selain melaksanakan perintah kedinasan sebagai Prajurit TNI, secara pribadi saya merasa bahagia dan bangga bisa menjalani tugas ini, membawakan bantuan Alkes bagi percepatan penanganan Covid-19 ke berbagai wilayah di Indonesia, termasuk ke Provinsi Papua Barat. Semoga bantuan ini bermanfaat bagi tenaga kesehatan yang ada di sini,” ucapnya.

Pewarta : Untung Teguh

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here