44 Rumah Rusak Terdampak Ledakan Gudang Mako Brimob Srondol Semarang

0
12
Kepala Biro Logistik (Karolog) Polda Jateng Kombes.Pol. M. Zahri Saat memberikan penjelasan terkait jumlah kerusakan rumah pasca Ledakan kepada pers. Foto : M. Taufik

Semarang,SMI.- Kebakaran dan ledakan yang terjadi di Gudang gudang penyimpanan bahan peledak (handak) di Mako Brimob Srondol Semarang, Sabtu (14/9) sempat membuat membuat warga sekitar panik. Kebakaran akhirnya bisa dipadamkan setelah dikerahkan 8 unit mobil pemadam kebakaran.

Pada kejadian ini tidak ada korban jiwa, tapi beberapa rumah mengalami kerusakan. Dan pendataan terus dilakukan oleh petugas dari Polda Jateng.

“Sejak ledakan bom kemarin. Kita langsung melakukan pedataan terhadap rumah – rumah warga yang mengalami kerusakan” Kata Kapolda Jateng, Melalui Kepala Biro Logistik, Kombes Pol M. Zahri Saat konferensi pers di halaman rumah Sujono korban terdampak ledakan, Minggu (15/9).

Kebakaran dan ledakan gudang penyimpanan bahan peledak (handak) di Mako Brimob Srondol mengakibatkan 44 rumah warga rusak. Rumah yang mengalami kerusakan berada di RT. 05 sebanyak 28 rumah dan RT.06 sebanyak 16 rumah.

“Perintah Kapolda, hari ini juga agar dilakukan perbaikan rumah rumah yang mengalami kerusakan,” Ujar M. Zahri.

Pekerja bangunan sedang memperbaiki rumah yang rusak pasca ledakan. Foto: M. Taufik

Dalam perbaikan rumah warga terdampak ledakan, diprioritaskan perbaikannya untuk warga yang rumahnya mengalami kerusakan cukup berat, supaya segera dapat di tempati kembali.

“Ada sekitar 23 pekerja bangunan termasuk tukang kaca, ini dikarenakan sebagian beasar  dari 44 rumah yang rusak paling banyak kaca kaca yang pecah, hari ini perbaikan masih 40 persen ,” ujarnya.

M. Zahri juga menyebutkan, ada 3 rumah yang mengalami kerusakan yang cukup parah, dan 18 rumah warga kerusakannya tergolong ringan juga dituntaskan perbaikannya, sambil menunggu data susulan barang kali ada yang terlewatkan dalam pendataan.

Sujono (59), salah satu warga terdampak ledakan, mengatakan bahwa hampir semua rumah kost – kostan miliknya mengalami kerusakan. Dan untuk sementara terpaksa di kosongkan sambil menunggu perbaikan.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Jawa Tengah yang telah bertindak cepat melakukan pendataan sekaligus menindaklanjuti melakukan  perbaikan terhadap rumah – rumah warga yang terdampak ledakan,” paparnya.

Pewarta : M. Taufik

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here