4 Sikap Yang Harus Dimiliki Jurnalis

0
56

Dalam melaksanakan tugas dan perananya, seorang jurnalis dituntut untuk professional dan menghormasi hak asasi setiap orang.

Dalam mencari, mengolah dan menyebarluaskan informasi yang diyakini merupakan kepentingan umum, seorang jurnalis harus bersikap sesuai dengan yang tercantum dalam kode etik jurnalistik.

Berikut ini adalah sikap yang harus dimiliki seorng jurnalis :

  1. Independen

Independen berarti memberitakan peristiwa atau fakta sesuai dengan hati nurani tanpa campur tangan, paksaan dan intervensi dari pihak lain, termasuk pemilik perusahaan pers.

Dalam mencari, mengolah dan menyampaikan informasi kepada publik, jurnalis harus mengedepankan independensi. Jurnalis harus berani memberitakan kebenaran tanpa ada paksaan atau memihak kepada yang berkepentingan.

  1. Akurat

Akurat, Berarti berita yang dibuat bisa dipercaya, benar dan sesuai kedaan objektif. Seorang jurnalis harus membuat berita sesuai dengan fakta dan harus jelas sumbernya. Berita yang dibuat dengan akurat, tidak boleh dibumbui dengan kebohongan.

Ketika mendapatkan bahan pemberitaan, jurnalis harus menguji, memverifikasi dan mengklarifikasi lagi setiap informasi yang didapat.  Hal ini dilakukan agar pemberitaan yang dibuat benar-benar akurat dan tidak ada kesalahan.

  1. Berimbang

Sikap selanjutnya yang harus dimiliki oleh seorang jurnalis adalah berimbang, dalam artian jurnalis tidak boleh berat sebelah dan terkesan subjektif, semua pihak yang terlibat dalam pemberitaan mendapatkan kesempatan yang sama.

Dalam pemberitaan, Jurnalis harus mewawancarai semua pihak yang terlibat dalam berita. Ketika ada pemberitaan yang memojokan seseorang, jurnalis harus memberikan kesempatan untuk memberikan klarifikasi  atas berita yang memojokan dia. Karena dalam pemberitaan tidak boleh sepihak, dan harus menghargai hak jawab seseorang.

  1. Tidak Beritikad buruk

Berarti tidak ada niat secara sengaja dan semata – mata untuk menimbulkan kerugian pihak lain.  Jurnalis tidak boleh memberitakan negatif seseorang atau kelompok atas dasar suka tidak suka dan karena alasan pribadi dengan tujuan untuk menjatuhkan nama baiknya.

Jurnalis tidak boleh memberitakan seseorang atau lembaga secara negative tanpa disertai dengan fakta dan data, serta sumber yang jelas.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here