396 Peserta Didik Baru SMA Negeri 4 Semarang Ikuti MLPS

0
40
Upacaran pembukaan MPLS Peserta Didik Baru SMA Negeri 4 Semarang Foto : M. Taufik

Semarang,SMI.- Memasuki awal tahun pelajaran baru 2019-2020, 396 peserta didik baru SMA Negeri 4 Semarang mengikuti upacara pembukaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang diikuti seluruh peserta didik kelas X, kelas XI dan XII di lapangan sepak bola SMA Negeri 4 Semarang, Jalan Karangrejo Raya 12A Banyumanik Srondol Wetan Kota Semarang, Senin (15 /7/2019).

Ainur Rofiq, S.Ag selaku Ketua Penyelenggara MPLS dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan pelaksanaan Pengenalan Lingkungan Sekolah, diantaranya membantu peserta didik baru mengenal lebih dekat lingkungan pendidikan yang baru, mendorong peserta didik baru untuk bersikap pro aktiv dalam mengenal guru, karyawan, kakak kelas dan teman barunya, menanamkan pemahaman tentang pendidikan karakter dan memotivasi peserta didik baru agar merasa bangga menempuh pendidikan di SMA Negeri 4 Semarang, serta memberikan wawasan wiyata mandala dan adi wiyata kepada peserta didik baru.

Dia juga menjelaskan bahwa waktu pelaksanaan MPLS selama 3 hari, mulai dari hari Senin 15 Juli sampai Rabu 17 Juli 2019  di aula besar SMA Negeri 4 Semarang, dengan jumlah peserta MPLS sebanyak 396 peserta didik yang terbagi menjadi 9 kelas jurusan, MIPA 324 siswa dan 2 kelas jurusan IPS 72 siswa tiap kelas terdiri dari 36 peserta didik.

“Dalam acara MPLS, pengisi materi selain dari bapak ibu guru SMA Negeri 4, kami juga mendatangkan dari luar sekolah, diantaranya Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Prov Jateng tentang wawasan wiyata mandala, PMI Daerah Prov Jateng tentang sekolah aman sekolah siaga bencana, Koramil 05 Banyumanik Semarang tentang penanaman nilai nilai nasionalisme dan anti radikalisme, lalu Polsek Banyumanik tentang keamanan ketertiban masyarakat dan undang – undang lalu lintas, AIESEC Undip Semarang tentang sosialisasi penyakit diabetes dan gaya hidup sehat,”pungkasnya

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 4 Semarang, Dra. Wiji Eny Ngudi Rahayu,M.Pd dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada kelas X yang sudah melalui seleksi.

“Kita sadar betul bahwa SMA Negeri 4 Semarang adalah SMA negeri yang difavoritkan oleh masyarakat. Oleh karena itu, kelas XI dan XII memiliki tanggung jawab untuk terus menjadikan SMA Negeri 4 Semarang menjadi sekolah yang favorit. Konsentrasi untuk belajar dengan baik, sehingga akan  diperoleh prestasi – prestasi yang terukir untuk tahun pelajaran 2019-2020. Demikian juga untuk kelas X begitu masuk gerbang SMA Negeri 4, kalian tinggalkan kebiasaan kebiasaan di SMP sekarang kalian sudah menjadi siswa siswi SMA Negeri 4 Semarang, yang tentunya kalian tahu bahwa  SMA Negeri 4 adalah sekolah favorit di Kota Semarang, oleh karenanya begitu masuk pintu gerbang SMA Negeri 4 yang pertama adalah bersyukur, kedua belajar dengan sebaik – baiknya kemudian yang ketiga harus memberikan prestasi kepada SMA Negeri 4 Semarang ini,’ ucapnya.

Peserta Didik Baru Kelas X sedang mengikuti MPLS di Aula SMA Negeri 4 Foto : M. Taufik

Eny selalu menekankan agar selalu bersyukur kemudian berbuat untuk prestasi SMA Negeri 4 Semarang. Untuk kelas X yang beraneka ragam . Oleh karenanya sekarang ini adalah untuk menyamakan bahwa di SMA Negeri 4 harus berprestasi, belajar dengan sungguh – sungguh tidak ada kesempatan untuk bisa berbuat hal – hal yang tidak diinginkan oleh sekolah.

“Marilah bersama-sama terus kita tingkatkan prestasi yang ada di SMA Negeri 4 Semarang,” Pungkasnya.

Usai memberikan sambutan MPLS di lanjutkan dengan pelepasan balon udara yang bertuliskan MPLS SMA Negeri 4 Semarang menjulang tinggi di angkasa seperti prestasi SMA Negeri 4 untuk di tahun pelajaran 2019-2020 kembali menjulang prestasinya.

 

Pewarta : M. Taufik

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here