Simbol Perjuangan Panjat Pinang

0
2

KBB, SMI.-

Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) setiap tahunnya bisa dilakukan dengan berbagai kegiatan positif dan bernuansa perjuangan. Dalam rangka turut memeriahkan Hari Kemerdekaan ke – 73 RI PT Indonesia Power UP Saguling menggelar Pesta rakyat dengan dirangkai berbagai kegiatan lomba di Lapangan Halaman Parkir Kompleks PLN Cioray, Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat selasa (21/08).

Kegiatan diawali dengan senam pagi, kemudian dilanjutkan dengan beragam lomba seperti panjat pinang, PT. Indonesia Power UP Saguling menyediakan 4 tiang untuk perlombaan panjat pinang. Para peserta lomba berasal dari masyarakat sekitar berasal dari empat desa se-kecamatan Cipatat diantaranya Desa Cipatat, Rajamandala, Mandalawangi dan Ciptaharja. PT Indonesia Power UP Saguling  juga memberikan berbagai macam hadiah untuk peserta panjat pinang.

General Manajer PT. Indonesia Power UP Saguling Buyung Arianto yang diwakili oleh H. Asep Wahyudin. SPS Humas mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud rasa syukur atas 73 tahun kemerdekaan RI atas jasa perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan yang dipersembahkan untuk generasi penerus. Pesta rakyat ini ditujukan sebagai bentuk perhatian perusahaan untuk masyarakat sekitar.

“PT. Indonesia Power UP Saguling disetiap peringatan Hari Jadi Kemerdekaan Indonesia setiap tahunnya, kami mewakili pihak management rutin mengelar kegiatan seperti ini setiap tahunnya selalu rutin menggelar pesta rakyat dan perlombaan panjat pinang. Tahun ini dalam rangka HUT-RI ke.73 bertemakan perjuangan untuk menumbuhkan Cinta Tanah Air, Rasa Nasionalisme dan yang paling utamanya adalah menumbuhkan rasa kekeluargaan dengan masyarakat sekitar perusahaan PT Indonesia Power UP Saguling agar lebih terjalin sinergisitas,” tutur H. Asep. Wahyudin.

Ketika ditanya mengenai perlombaan yang selalu menjadi idola dan selalu dinantikan masyarakat sekitar, Asep menjelaskan makna dari lomba Panjang Pinang tersebut, sebuah jembatan emas, bagaimana para peserta Lomba Panjat Pinang bekerjasama satu sama lain memperoleh dan meraih hadiah yang ada di puncak Pohon pinang tersebut.

“Lomba Panjat pinang cara permainnanya dimana – mana sama, harus saling bergotomh royong, bahu-membahu untuk sampai ke puncaknya. Kalau dilakukan sendiri sangat sulit, tapi kalau bersama-sama meraih cita-cita maka tercapai tujuan dan cita-cita yang diinginkan. Sebaliknya untuk untuk meraih hadiah yang diatas tanpa ada kerjasama tidak akan tercapai dan berhasil,”ujar H. Asep Wahyudin. **DENI. H.M

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here