Berjurnalistik Dengan Kejujuran

1
37

Secara sederhana jurnalistik diartikan sebagai sebuah kegiatan yang berhubungan dengan pencatatan atau pelaporan setiap hari. Dalam kamus, jurnalistik diartikan sebagai kegiatan untuk menyiapkan, mengedit dan menulis untuk surat kabar ataupun majalah.

Jurnalistik adalah bidang profesi yang mengusahakan penyajian informasi tentang kejadian dan atau kehidupan sehari-hari (pada hakikatnya dalam bentuk penerangan, penafsiran, dan pengkajian) secara berkala, dengan menggunakan sarana-sarana penerbitan yang ada.
Seorang jurnalis sejati wajib untuk terus-menerus menjadi seorang pembelajar dalam arti harus terus belajar tanpa mengenal batasan usia. Perubahan yang kini terjadi di semua lini begitu cepatnya, membuat pemilik profesi ini harus mengikutinya.
Karena, siapapun tentu takmau dicap sebagai wartawan tak punya kompetensi, karena mungkin meski punya kartu pers sebagai karcis sakti bakal hanya untuk pajangan saku baju saja.

Untuk itu, mari segenap jurnalis Suara Metro Indonesia kita tingkatkan kemampuan kita sebagai seorang jurnalis dengan terus belajar dan jujur dalam menulis sebuah berita, yang tentunya diharapkan bisa mengedukasi masyarakat dan menyampaikan informasi yang akurat,kredibel ,tidak memihak dan selalu mementingkan kepentingan orang lain.
Semua itu tentunya tidak mudah untuk mencapainya, namun dengan kerjasama , keyakinan serta kesungguhan kita untuk terus menerus melahirkan tulisan yang menjunjung tinggi fakta, jujur dan sesuai kode etik jurnalistik niscaya tingkatan itu akan bisa kita capai.
Dengan seperti itu semoga Koran Suara Metro Indonesia kedepan semakin baik dan bisa berfungsi sebagai media informasi, media pendidikan, media hiburan, media kontrol sosial serta sebagai lembaga ekonomi bagi pembacanya dan masyarakat luas. **Abah Sulthon

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here