2 Dadak Merak Suguhkan Hiburan di Kegiatan Bersih Desa Kalang

0
107

Magetan, SMInews.com- Diawali dengan syukuran dan tumpengan di lingkungan Punden (Punden Mbah Kacang) dukuh Kacangan, Desa Kalang, Kecamatan Sidorejo, Kabupaten Magetan, 2 Dadak merak yang diiringi dengan gamelan dan beberapa penari jatil suguhkan hiburan kepada warga dan masyarakat desa setempat.Minggu (13/09/2020).

Pagelaran Dadak merak atau biasa di sebut reog ini di adakan dalam kegiatan bersih desa, yang mana dilaksanakan setiap satu tahun sekali di bulan muharram atau bulan suro. Seperti yang diutarakan Kepala Desa Kalang, Suwardi bahwa kegiatan tersebut sebagai wujud syukur kepada Tuhan YME serta untuk nguri-nguri dan melestarikan budaya yang turun temurun dari nenek moyang.

“Kita hanya bisa melakukan kegiatan bersih desa dengan pagelaran reog saja mas, tidak sama dengan tahun-tahun yang lalu, yang biasanya juga ada pagelaran wayangnya, karena masih adanya pandemi covid-19, kegiatan seperti ini kita selalu adakan setiap satu tahun sekali, sebagai wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta untuk nguri-nguri dan melestarikan budaya yang turun temurun dari nenek moyang kita” jelasnya.

“Karna ini masih dalam pandemi covid-19 kita juga meminta dan menghimbau kepada warga dan masyarakat yang menonton hiburan pagelaran reog untuk menerapkan protokol kesehatan” imbuhnya.

Pagelaran reog ini terlihat sangat meriah dan berkesan mengundang hiburan terhadap masyarakat dan warga yang tidak hanya dari desa setempat akan tetapi juga dari warga lain wilayah yang melihatnya, ketika penari dadak merak dan penari jatil ini menunjukan aksinya di hadapan para penonton.

Pewarta : Gun

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here