11 SLB di Garut Laksanakan PPLB di BL- Limbangan

0
19

GARUT, SMI.-

Sebanyak 88 siswa dari 11 Sekolah Luar Biasa (SLB) di Gugus XXIII Kabupaten Garut, menggelar kegiatan Perkemahan Pramuka Pendidikan Luar Biasa (PPLB) di SLB YGP Limbangan Kp. Batu Karut, Desa Limbangan Timur, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Garut selama tiga hari, sejak Jumat tanggal 12 hingga Minggu 14 Oktober 2018.

Ketua Panitia PPLB, Rudi Senjaya, S. Pd menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka menyambut Sumpah Pemuda.

“Tujuannya untuk menggali potensi anak melalui kreasi seni dan memunculkan siswa yang berkarakter, melatih siswa agar bisa bersoaialisasi dengan teman, melatih kebersamaan, juga untuk bisa lebih mengenal lingkungan alam sekitar,” katanya, Jumat (12/10/2018).

Ditambahkannya, kegiatan PPLB tingkat gugus ini baru pertama kali dilaksanakan, karena di tahun-tahun sebelumnya langsung dilaksanakan di tingkat kabupaten.

“Insya Allah kegiatan PPLB ini akan menjadi agenda tahunan kami di tingkat gugus, sehingga bisa lebih terlatih dan berprestasi di tingkat lebih tinggi,” jelas Rudi.

Menurut Rudy, prestasi SLB dalam PPLB cukup membanggakan. Tahun kemarin di tingkat Jawa Barat meraih juara umum, sehingga Kabupaten Garut mewakili Jawa Barat ke tingkat Nasional di Cibubur.

Hal yang sama dikatakan Ketua MKKS SLB Gugus XXIII, Aman Suparman, M. MPd. Menurutnya, kegiatan PPLB ini tidak ada persiapan khusus karena sudah menjadi agenda rutin tahunan.

“Di dalam kegiatan ini ada lomba bernyanyi, tari, baca Al-qur’an, kerajinan dari bahan yang sudah tidak terpakai, seni lukis, dan tali temali, agar siswa bisa dilatih dalam hal kemandiriannya,” ujarnya.

Ditambahkannya, PPLB dulu termasuk kegiatan ekstrakulikuler dan sekarang menjadi kegiatan ekstra wajib, karena sudah masuk di dalam Kurikulum 2013.

Pengawas SLB Kabupaten Garut, Asep Karyana, M. Pd, mengatakan, salah satu yang menjadi penilaian dalam kegiatan ini adalah bagaimana siswa bekerjasama.

“Dengan kata lain, penilaiannya adalah kebersamaan, keindahan, bagaimana cara membuat tenda, kekompakan dalam regu, dan kebersihan,” tuturnya.

Ia berharap, kegiatan ini bisa mencetak siswa atau anak ABK berprestasi dan menjalin kebersamaan, juga ke depan bisa mewakili Kabupaten Garut ke tingkat lebih lanjut, yaitu tingkat Kabupaten, Provinsi dan Nasional. **Ayi Ahmad

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here